Perjalanan Komunitas Relawan No Tobacco Community (MARET 2016)

Alhamdulillah, di bulan Maret 2016, No Tobacco Community kembali mengaktifkan Komunitas Relawannya dengan membuka pendaftaran untuk menjadi Relawan.

Komunitas Relawan ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga Bogor saja seperti yang selama ini berjalan. Namun dikembangkan untuk mencakup Relawan di seluruh Indonesia.


Sampai saat ini, sudah ada sekitar 35 Relawan dari 15 daerah. Banyak dari Relawan merupakan mahasiswa. Tercatat ada 10 kampus asal para Relawan.

Dalam pengembangannya, sebuah daerah akan diresmikan Komunitas Relawannya dalam sebuah agenda yang disebut Kopi Darat (Kopdar). Saat ini sudah ada 2 daerah yang mengadakan Kopdar, yaitu Bogor dan Jakarta.

Dalam agenda Kopdar para Relawan pada mulanya diajak untuk mengetahui seluk-beluk isu Pengendalian Tembakau. Mengapa kita harus berjuang di ranah ini dan apa langkah-langkah yang bisa kita lakukan.

Dalam prakteknya, sudah mulai ada Komunitas Relawan yang akan bergerak untuk melakukan kegiatan. Baik dalam tingkat kampus, lokal keaderahan, mau pun nasional.

Di tingkat nasional, Relawan diarahkan untuk mengajak serta seluruh elemen masyarakat dalam kampanye Surat untuk Presiden. Lebih lanjut mengenai Surat untuk Presiden bisa dibaca di sini [link]

Selain Surat untuk Presiden, dipaparkan pula kampanye Kolaborasi Aksi. Semacam pengembangan kampanye Surat untuk Presiden namun ditujukan khusus untuk komunitas-komunitas kreatfi. Lebih lanjut mengenai Kolaborasi Seni bisa dibaca di sini [link]


Komunitas Relawan No Tobacco Community akan terus berkembang. Semoga daerah-daerah lainnya bisa menyusul Bogor dan Jakarta untuk melakukan Kopdar guna melakukan aksi nyata menyejahterakan Indonesia. [Bagja Nugraha / No Tobacco Community]
SHARE

Bagja Nugraha

Relawan No Tobacco Community | Social Media Planner and Strategist

  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment