Kolaborasi Seni, Aksi Bersama Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2016

No Tobacco Community dan Gerakan Muda FCTC yang didukung oleh Lentera Anak Indonesia bersama dengan komunitas-komunitas juga lembaga-lembaga se-Indonesia yang fokus dalam isu Pengendalian Tembakau berencana untuk melakukan Aksi Bersama Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia di bulan Mei 2016.

No Tobacco Community secara khusus juga ingin mengajak teman-teman yang aktif di komunitas-komunitas kreatif untuk melakukan ‘KOLABORASI SENI’. Membuat karya-karya seni bertemakan Pengendalian Tembakau. Sebagai langkah perjuangan untuk melindungi generasi masa kini dan masa mendatang dari dampak konsumsi rokok dan paparan asap rokok; mencegah bertambahnya jumlah perokok anak dan melindungi masa depan mereka dari bahaya rokok; sekaligus upaya menciptakan “Smoke Free Indonesia”


KOLABORASI SENI ini dilakukan dengan cara mempublikasikan karya-karya seni di media sosial sebagai edukasi/informasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak rokok.  

Selain kampanye secara online, diharapkan karya-karya seni ini juga bisa digunakan saat aksi offline yang berkaitan dengan HTTS di berbagai kota di Indonesia. Di mana aksi-aksi offline ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya No Tobacco Community dan komunitas kreatif terkait.

TEMA KOLABORASI SENI: “Bebaskan Indonesia dari Iklan dan Asap Rokok”

PELAKSANAAN KAMPANYE ONLINE: 1 – 31 Mei 2016

PELAKU KAMPANYE ONLINE: Komunitas-komunitas kreatif yang bekerjasama dengan No Tobacco Community (menyertakan logo komunitas dan No Tobacco Community dalam karyanya)

TEMPAT KAMPANYE ONLINE: [1] Media Sosial masing-masing komunitas dan No Tobacco Community, [2] Website masing-masing komunitas (jika ada) dan website No Tobacco Community

NARAHUBUNG: Bagja Nugraha – 08568474700

"Anak dan remaja adalah target industri rokok sebagai perokok pengganti. Industri rokok mengeluarkan dana triliunan rupiah untuk mempengaruhi anak dan remaja melalui iklan, promosi, dan sponsor rokok.”

MARI, BEBASKAN INDONESIA DARI IKLAN DAN ASAP ROKOK!



LEMBAR FAKTA

- Jumlah perokok di Indonesia sekitar 62 juta jiwa; menjadi peringkat ketiga di dunia setelah Cina dan India.
- 70% perokok di Indonesia mulai merokok sebelum usia 19 tahun; sehingga Indonesia terkenal di dunai sebagai Baby Smoker Country karena banyak ditemukan perokok usia balita.
- Indonesia adalah negara satu-satunya di ASEAN yang masih memperbolehkan iklan, promosi dan sponsor rokok di mana saja.
- Di tahun 2010 sekitar 200.000 kematian disebabkan oleh merokok; atau 548 kematian per hari.
- 1 dari 5 remaja Indonesia usia 15 sampai 19 tahun sudah merokok.
- Asap rokok dapat membahayakan kesehatan orang yang tidak merokok; terutama anak-anak.
- Lebih dari 150 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok orang lain di rumah, perkantoran, tempat umum, dan kendaraan umum.
- Anak-anak dari keluarga miskin mengalami putus sekolah dan gizi buruk karena pengeluaran untuk membeli rokok lebih besar dibandingkan pengeluaran untuk pendidikan dan makanan bergizi.
- Konsumsi rokok merupakan masalah global, diperkirakan 1 miliar penduduk dunia akan meninggal pada abad 21 dengan 70% diantaranya terjadi di negara-negara berkembang.
- Perokok anak-anak usia 10-14 tahun di Indonesia meningkat 2x lipat.
- Perokok remaja usia 15-19 tahun di Indonesia meningkat 3x lipat.
- Lebih dari 30% anak di Indonesia merokok sebelum usia 10 tahun.



SUMBER FAKTA

> Buku “A Giant Packs of Lies”, e-book dapat di download melalui link berikut https://goo.gl/r9VuwI

> Film “Sex, Lies and Cigarettes”, dapat ditonton melalui link berikut https://goo.gl/sd2A4H

> Video – FCTC untuk Indonesia : https://goo.gl/5dFeRl

> Video – Apa itu FCTC? : https://goo.gl/Vu2T9C

> Video – Bagaimana FCTC Lindungi Anak? : https://goo.gl/GxkZcw
SHARE

Bagja Nugraha

Relawan No Tobacco Community | Social Media Planner and Strategist

  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment