Bagaimana FCTC Melindungi Anak



Hai teman-teman!

Kamu tahu kan, bahwa perokok usia anak-anak dan remaja di Indonesia, terus meningkat. Perokok usia 10-14 tahun meningkat 2x lipat. Perokok usia 15-19 tahun meningkat 3x lipat dan lebih dari 30% anak di Indonesia merokok sebelum usia 10 tahun. Sementara itu, jutaan anak terpapar asap rokok baik di rumah maupun di tempat umum.

Kenapa? Ini dia permasalahannya.
1. Anak dan remaja sangat mudah mengakses rokok, harganya murah, bisa beli batangan, bisa dibeli di mana saja tanpa penolakan, dan produksi rokok yang melimpah; sekitar 400 milyar batang pada tahun 2014
2. Anak dan remaja adalah target industri rokok sebagai perokok pengganti. Industri rokok mengeluarkan dana triliunan rupiah untuk mempengaruhi anak dan remaja melalui iklan, promosi,
dan sponsor rokok.
3. Masyarakat masih menerima rokok sebagai hal yang biasa dan normal. Sehingga perilaku merokok masih sembarangan dan menjadikan orang lain sebagai perokok pasif.
4. Pengeluaran untuk rokok keluarga miskin lebih besar dibandingkan pengeluaran untuk pendidikan dan makanan bergizi.

Akibatnya, anak-anaknya menjadi korban baik ketika sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Karena itulah, Indonesia harus menandatangani FCTC untuk melindungi generasi kini dan mendatang dengan cara:
1. Menegakkan peraturan tegas tidak menjual rokok kepada anak.
2. Meningkatkan cukai rokok sehingga harga rokok mahal tidak terjangkau anak-anak.
3. Meniadakan iklan, promosi dan sponsor rokok.
4. Mengatur agar orang tertib merokok.
5. Menyampaikan informasi yang jelas tentang bahaya rokok.
6. Mengembangkan program berhenti merokok.

Apabila Indonesia menandatangani FCTC, maka anak-anak akan tumbuh sehat, aman, bahagia, sejahtera, berpendidikan, mendapat makanan bergizi dan kelak menikmati bonus demografi pada tahun 2020-2030.

Mari, dukung Presiden menandatangani FCTC untuk mencegah bertambahnya jumlah perokok anak dan melindungi masa depan mereka.

SHARE

Bagja Nugraha

Relawan No Tobacco Community | Social Media Planner and Strategist

  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment